Doa untuk Rumah Tangga yang Sedang Bermasalah

Setiap rumah tangga yang dibangun setiap pasangan suami istri suatu saat pasti akan dihadapkan dengan berbagai jenis masalah mulai dari keuangan, orang ketiga, pengasuhan anak, dan sebagainya. Walau begitu, semua masalah yang terjadi pada rumah tangga sebenarnya adalah salah satu bentuk ujian dari Allah SWT. Sebagai makhluk yang beriman, salah satu hal yang bisa dilakukan ketika rumah tangga sedang bermasalah adalah dengan berdoa kepada Allah SWT.

 

Doa Agar Masalah Rumah Tangga Bisa Diselesaikan Dengan Baik

Ada beberapa doa yang bisa dipraktekkan ketika sebuah rumah tangga tengah bermasalah. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Sholat Hajat

Salah satu hal yang bisa dilakukan ketika masalah rumah tangga tengah bermasalah adalah dengan sholat hajat. Sholat hajat ini akan lebih baik apabila dilakukan pada 2/3 malam, yaitu antara pukul 12 malam hingga 3 pagi. Dalam sholat hajat, yang perlu dilakukan adalah memohon pada Allah SWT agar masalah atau ujian dalam rumah tangga bisa dilalui Anda dan pasangan dengan baik. Selain itu, permohonan agar kasih sayang pasangan kepada Anda dan anak-anak maupun sebaliknya juga perlu dilakukan. Dengan penuh ketulusan, niscaya Allah akan mengabulkan hajat Anda tersebut.

  1. Doa dan dzikir selepas sholat Hajat

Selain sholat hajat, Anda juga bisa memaksimalkan permohonan kepada Allah SWT dengan berdzikir dan berdoa kepada-Nya. Urutan dzikir setelah sholat hajat yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Mengucapkan istighfar 100 kali
  2. Mengucapkan shalawat Nabi 10 kali
  3. Membaca doa pengikat kasih sayang, yaitu QS. Ali Imran ayat 31 dan QS. Ar-Rum ayat 21.

Dalam surat Al Quran tersebut, Allah menjanjikan bahwa dosa-dosa yang telah kita lakukan terhadap pasangan, orang lain, maupun diri sendiri akan diampuni apabila kita berkasih sayang dengan dengan mereka. Karena itu, Anda bisa memanjatkan doa tersebut dengan tulus dan penuh keikhlasan.

  1. Dzikir dan doa lainnya

Selain mengamalkan sholat hajat setiap malam, ketika mendapatkan masalah maupun tidak, Anda juga perlu menerapkan amalan lainnya seperti berikut ini. Pertama, Anda harus mempersiapkan air bersih seember penuh yang nantinya akan digunakan untuk mandi dalam rangka mensucikan diri. Selanjutnya, Anda bisa melakukan amalan berikut ini, yaitu:

  1. Mengucapkan istighfar 3 kali
  2. Mengucapkan QS. Al Ikhlas, Al- Falaq, dan An-Nas masing-masing 3 kali
  3. Mengucapkan Ayat Kursi 10 kali
  4. Mengucapkan Al-Fatihah 20 kali dan menyebulnya pada air di ember tersebut setiap selesai membaca.

Usai menyebul dengan amalan di atas, air dalam ember penuh tersebut bisa digunakan untuk mandi. Dengan perlahan dan hati-hati, air dari ember tersebut disiramkan ke seluruh tubuh mulai dari atas kepala hingga kaki. Dengan keyakinan bahwa Allah akan membantu Anda menuntaskan masalah rumah tangga dan menghindarkan Anda dan pasangan dari godaan jin dan syetan, Anda akan merasa lebih ringan dan hati menjadi lebih lapang dan sabar.

Jadi bisa disimpulkan bahwa masalah maupun musibah yang terjadi dalam rumah tangga antar suami istri pada dasarnya dikirimkan oleh Allah untuk menguji kekuatan dan ketabahan Anda dengan pasangan. Karena itu, hanya Allah-lah pula yang dapat membantu Anda mengatasi dan menuntaskan masalah tersebut. Tentu saja setelah Anda berusaha dengan sekuat tenaga pula. Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika rumah tangga bermasalah. Semoga informasi ini membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *