Tips Memilih Pasangan Hidup untuk Anak

Memilih pasangan hidup untuk anak tentunya harus yang memiliki kepribadian baik karena nantinya anak dan pasangannya akan hidup bersama di dunia hingga di akhirat. Tanggung jawab setelah menikah pun akan lebih besar. Masalah dalam rumah tangga pun tentunya akan di hadapi oleh anak Anda. Jika ia menikah dengan pasangan yang baik maka tentunya mereka bisa melewati suka dan duka pernikahan secara bersama-sama. Namun, jika mendapatkan pasangan yang berakhlak buruk maka tentunya pernikahan akan sering dilanda pertengkaran bahkan masalah sepele sekalipun. Bagi para orang tua harus bisa melihat dan memilih pasangan untuk anak yang memiliki akhlak baik. Berikut dibawah ini akan dijelaskan tips memilih pasangan hidup untuk anak.

5 Tips Memilih Pasangan Hidup yang Baik Untuk Anak

  1. Memilih Akhlak yang Baik

Wanita yang baik akan mendapatkan laki-laki yang baik dan begitu juga sebaliknya. Maka tips memilih pasangan hidup untuk anak adalah mencari yang berakhlak baik. Bila wanita maka dirinya akan menjadi ibu dan panutan bagi anak-anak dan bila laki-laki maka dirinya akan bertanggung jawab untuk menafkahi, melindungi istri dan anak-anaknya. Pasangan yang baik akan bisa saling menjaga keutuhan rumah tangganya dan selalu mengingatkan untuk selalu berada di jalan yang benar.

  1. Memilih Pasangan yang Baik Agamanya

Agama adalah hal yang tidak bisa diganggu gugat. Anda sebagai orang tua harus bisa mencarikan pasangan yang seiman dan seagama dengan anak. Di dalam ajaran islam wajib mencari pasangan yang beragama islam juga. Tujuannya adalah agar suami dan istri bisa menjalani ibadah secara bersama-sama, tidak ada perbedaan pendapat mengenai agama dan akan diberikan keturunan yang sholeh dan sholehah.

  1. Berasal dari Keluarga Baik-Baik

Sebelum memberikan restu kepada anak yang hendak menikah, alangkah baiknya kita sebagai orang tua mencari tahu asal usul calon menantu kita. Ada pepatah yang mengatakan bahwa “buah akan jatuh tidak jauh dari pohonnya”.  Ini artinya bahwa sifat anak diturunkan dari orang tuanya. Jika orang tuanya memiliki akhlak yang baik maka anaknya tentunya juga seperti itu. Walaupun mungkin ada beberapa yang justru sebaliknya. Namun, tetap saja Anda harus memilih pasangan hidup untuk anak yang berasal dari keluarga baik-baik. Dengan seperti itu niscaya kehidupan rumah tangga anak dan pasangan pun berjalan dengan bahagia.

  1. Memilih dari Status Sosial yang Setara

Status sosial terkadang memang menjadi permasalahan ketika hendak menikah. Memang biasanya para orang tua akan memilihkan anaknya dengan calon yang status sosialnya setara. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan kehidupan dalam berumah tangga. Anjuran untuk menikah dengan pasangan yang status sosialnya setara juga diperjelas oleh Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa pilihlah pasangan hidup yang seagama dan setara status sosialnya.

  1. Pastikan Cocok dan Nyaman

Menjalani rumah tangga tidak hanya sebentar saja maka dari itu pilihlah pasangan untuk anak yang sekiranya memang mereka merasa cocok dan nyaman. Dengan adanya rasa kecocokan dan kenyamanan maka tentunya mereka akan menjalani kehidupan rumah tangga dengan bahagia. Pasangan yang sudah cocok dan merasa nyaman akan bisa saling menjaga dan menyayangi.

Jadi, bagi orang tua yang sedang memilih pasangan hidup yang tepat untuk anak maka bisa membaca tips diatas. Informasi tersebut bisa membuka pikiran Anda untuk bisa lebih mempertimbangkan hal-hal penting dalam memilih pasangan untuk anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *